Sebagai muslim, sudah seharusnya kedatangan Ramadhan tahun ini kita sambut dengan penuh kegembiraan. Ramadhan yang penuh berkah harus kita jadikan momentum untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT… Menjalankan ibadah puasa adalah sebuah kewajiban bagi umat Islam, namun jika dilihat dari sisi kesehatan dibalik nilai ibadah yang dijalankan sebulan penuh tiap tahun ini, juga tersimpan banyak manfaat. Ini ada beberapa tips menjalankan puasa sehat… buat sobat blogger semua  😀

1. Jangan tinggalkan sahur

Sahur merupakan salah satu rangkaian dalam ibadah puasa Ramadhan yang sangat disarankan. kenapa sahur penting bagi kita yang menjalankan puasa ? saat menjalankan puasa, tubuh kita tidak mendapatkan asupan gizi kurang lebih selama 14 jam. Untuk itu, supaya tubuh dapat menjalankan fungsi dengan baik, sel-sel tubuh membutuhkan gizi dan energi dalam jumlah cukup. Untuk menu sahur sebaiknya pilih makanan berserat dan berprotein tinggi. Tapi hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang manis-manis. Banyak makan-makanan manis disaat sahur akan membuat kita cepat lapar disiang hari. Makanan manis membuat tubuh bereaksi melepaskan insulin secara cepat. Insulin berfungsi memasukkan gula dari dalam darah kedalam sel-sel tubuh dan digunakan sebagai sumber energi, sedangkan makan-makanan berserat membuat proses pencernaan lebih lambat dan membantu insulin dikeluarkan secara bertahap. Untuk membuat energi dari sahur tahan lama, bersahurlah lebih akhir saat mendekati imsak… 🙄

2. Jangan tunda berbuka

Setelah seharian menahan lapar dan dahaga, tentunya energi kita terkuras. Untuk memulihkan energi kembali saat berbuka makanlah karbohidrat sederhana yang terdapat dalam makanan manis. Makanan yang mengandung gula mengembalikan secara instan energi kita yang terkuras seharian. Tetapi usahakan menghindari minum es atau yang bersoda, karena jenis minuman ini dapat membuat pencernaan tak berfungsi secara normal.

3. Makanlah secara bertahap

Biasanya begitu mendengar bedug Maghrib, tanpa tunggu lagi kita langsung menyantap habis hidangan yang disediakan diatas meja. Ini bukanlah pola yang bagus untuk kesehatan, setelah seharian perut kita tak terisi dan organ cerna beristirahat sebaiknya jangan langsung menyantap hidangan dalam jumlah besar. Saat tiba waktu berbuka, makanlah makanan manis seperti kolak atau minum teh hangat, istirahat sesaat, bisa kita gunakan jeda itu untuk menjalankan shalat Maghrib sambil memberi waktu organ cerna kita menyesuaikan. Baru setelah shalat kita dapat melanjutkan kembali makan-makanan yang lebih berat seperti nasi dan lauk-pauknya. Dan setelah tarawih dilanjutkan lagi dengan sesi makan kecil atau camilan.

4. Jangan tinggalkan olahraga

Menjalankan puasa bukan berarti kita berhenti total berolahraga. Justru aktifitas fisik tetap dibutuhkan untuk menjaga kelancaran peredaran darah agar kita tidak mudah loyo. Namun untuk urusan ini, pilih olahraga ringan yang tidak membutuhkan energi berlebih, seperti lari-lari kecil atau jalan kaki… sebaiknya lakukan olahraga menjelang waktu berbuka. Shalat tarawih selain ibadah juga sebagai sarana menjaga kebugaran jasmani karena saat melakukan shalat tarawih sama dengan membakar kalori.

5. Konsumsi cukup air

Air merupakan zat yang sangat dibutuhkan tubuh kita, lebih dari 60% tubuh kita terdiri dari air. Untuk menjalankan fungsinya dengan baik, setiap organ tubuh kita membutuhkan air, tanpa air yang cukup tubuh akan mengalami gangguan… Untuk itu, perbanyak minum air untuk simpanan dalam tubuh supaya semua organ berfungsi dengan baik. Yang disebut air disini bukan hanya berupa air putih, tapi susu dan teh pun juga termasuk didalamnya… Supaya kebutuhan tubuh tercukupi, aturlah agar kita minum delapan gelas air sebelum menjalani puasa esok hari.

6. Kendalikan Emosi

Rasulullah bersabda bahwa puasa itu bukan hanya menahan lapar dan dahaga, tetapi juga menahan nafsu. Dengan kata lain tujuan puasa adalah memenej emosi, belajar bersabar dan berupaya mendekatkan diri kepada Allah SWT. secara psikologis ini memengaruhi mental-spiritual kita, dengan mengendalikan emosi membuat jiwa kita tumbuh lebih sehat dan merasakan kedekatan dengan Allah SWT membuat hati kita damai… 😉

referensi by majalah yatim

Marhaban Ya Ramadhan…

Selamat Menjalankan Ibadah Puasa 1433 H Bagi Umat Muslim…

Mohon Maaf lahir dan bathin yaaa… 😉